Media Pembelajaran Berbasis ICT
Mengapa Menggunakan ICT?
1. PBM
2. Materi abstrak (di luar kehidupan sehari-hari)
3. Materi jadi sulit dipahami
4. Visualisasi dan simulasi
5. Interaktif dan multimedia
6. Hasil penelitian di US proses belajar mengajar yang dibantu alat peraga meningkatkan efisiensi 47% dibantu ICT meningkatkan efisiensi 93%
7. Kekuatan hypertext
8. Memudahkan memilih, mensitesa dan mengkolaborasi
9. Komputer dapat mengakomodasi siswa yang lambat belajar
10. Penggambaran ulang objek dan pola pikir siswa
11. Meningkatkan daya ingat siswa dengan belajar secara multi media
ICT Untuk Edukasi
1. ICT dan perkembangan terakhir
2. ICT/E-Learning salah satu cara mengatasi masalah pendidikan
3. Computer based learning, computer assisted learning
4. Distance education
5. Pembelajaran lebih menarik dan interaktif
Aspek-Aspek Pembelajaran Berbasis ICT (Aspek Perangkat Lunak)
1. Efektif fan efisien dalam pengembangan maupun penggunaan media pembelajaran
2. Reliabel (handal)
3. Mantainable (dapat dipelihara atau dikelola dengan mudah)
4. Usabilitas (mudah digunakan dan sederhana dalam pengoperasiannya)
5. Kompatibilitas (media pembelajaran dapat diinstalasi atau dijalankan di berbagai software dan hardware yang ada)
6. Ketepatan pemilihan jenis aplikasi atau software untuk pengembangan
7. Pemaketan program media pembelajaran terpadu dan mudah dalam eksekusi
8. Dokumentasi program media pembelajaran yang lengkap meliputi: petunjuk instalasi (jelas, singkat, lengkap) troubleshooting (jelas terstruktur dan antisipasi) desain program (jelas, menggambarkan alur kerja program)
9. Reusable (sebagian atau seluruh program media pembelajaran dapat dimanfaatkan kembali untuk mengembangkan media pembelajaran lain)
Karakteristik Media Belajar Berbasis ICT
Fungsi ICT Sebagai Gudang Ilmu
1. Referensi ilmu pengetahuan terkini (internet based content)
2. Manajemen pengetahuan (Knowledge management)
3. Jaringan pakar beragam bidang ilmu (Community of interest network)
4. Jaringan antar institusi pendidikan (Educational institution network)
5. Pusat pengembangan materi ajar (course and content resource development)
6. Wahana pengembangan kurikulum (Curiculum development information system)
7. Komunitas perbandingan standar kompetensi (International benchmark and standard)
1. PBM
2. Materi abstrak (di luar kehidupan sehari-hari)
3. Materi jadi sulit dipahami
4. Visualisasi dan simulasi
5. Interaktif dan multimedia
6. Hasil penelitian di US proses belajar mengajar yang dibantu alat peraga meningkatkan efisiensi 47% dibantu ICT meningkatkan efisiensi 93%
7. Kekuatan hypertext
8. Memudahkan memilih, mensitesa dan mengkolaborasi
9. Komputer dapat mengakomodasi siswa yang lambat belajar
10. Penggambaran ulang objek dan pola pikir siswa
11. Meningkatkan daya ingat siswa dengan belajar secara multi media
ICT Untuk Edukasi
1. ICT dan perkembangan terakhir
2. ICT/E-Learning salah satu cara mengatasi masalah pendidikan
3. Computer based learning, computer assisted learning
4. Distance education
5. Pembelajaran lebih menarik dan interaktif
Aspek-Aspek Pembelajaran Berbasis ICT (Aspek Perangkat Lunak)
1. Efektif fan efisien dalam pengembangan maupun penggunaan media pembelajaran
2. Reliabel (handal)
3. Mantainable (dapat dipelihara atau dikelola dengan mudah)
4. Usabilitas (mudah digunakan dan sederhana dalam pengoperasiannya)
5. Kompatibilitas (media pembelajaran dapat diinstalasi atau dijalankan di berbagai software dan hardware yang ada)
6. Ketepatan pemilihan jenis aplikasi atau software untuk pengembangan
7. Pemaketan program media pembelajaran terpadu dan mudah dalam eksekusi
8. Dokumentasi program media pembelajaran yang lengkap meliputi: petunjuk instalasi (jelas, singkat, lengkap) troubleshooting (jelas terstruktur dan antisipasi) desain program (jelas, menggambarkan alur kerja program)
9. Reusable (sebagian atau seluruh program media pembelajaran dapat dimanfaatkan kembali untuk mengembangkan media pembelajaran lain)
Karakteristik Media Belajar Berbasis ICT
Sebuah pepatah menyebutkan "I hear I forget, I see I know, I do I understand" penelitian De Porter mengungkapkan manusia dapat menyerap suatu materi sebanyak 70% dari apa yang dikerjakan. 50% dari apa yang didengar dan dilihat (audio visual) sedangkan dari yang dilihatnya hanya 30% dari yang didengarnya hanya 20% dan dari yang dibaca hanya 10%. Sebaiknya multi media digunakan hanya untuk pembelajaran yang tidak memungkinkan delakukan secara hands on.
Fungsi ICT Sebagai Gudang Ilmu
1. Referensi ilmu pengetahuan terkini (internet based content)
2. Manajemen pengetahuan (Knowledge management)
3. Jaringan pakar beragam bidang ilmu (Community of interest network)
4. Jaringan antar institusi pendidikan (Educational institution network)
5. Pusat pengembangan materi ajar (course and content resource development)
6. Wahana pengembangan kurikulum (Curiculum development information system)
7. Komunitas perbandingan standar kompetensi (International benchmark and standard)
Assalamu'alaikum bg, media yg berbasis ICT tu ap saja? Apakah cuma seperti powerpoint itu?
BalasHapustentu tidak hanya sebatas power point, apa saja yg memanfaatkan teknologi sebagai media bisa dikatakan ICT, misalnya video pembelajaran.... aplikasi-aplikasi mobile dan lain sebagainya
Hapussetuju pendapatnya media ICT tidak harus mengembangkan sebuah media menggunakan power poin saja, banyak aplikasi yang dapat menunjang keefektifan dalam pembelajaran ICT, tetapi kendalanya adalah sebagian pengajar banyak belum terbiasa menggunakan pembelajaran media ICT dari aplikasi yang lainnya, hal ini lah dapat terjadi nya siklus pembelajaran yang monoton
HapusAsslmualaikum bg, mau tanya bg, dari materi diatas ada disebutkan bahwa ict sebagai wahna pengembangan kurikulum. mksudnya gmna bg?
BalasHapuskurikulum dibuat sebagai sesuatu yang mengikat tetapi flexible, implementasi di lapangan tentu kurikulum akan berkembang sesuai dengan kemampuan masing-masing guru dalam mengembangkan dan mengeksplorasi. Dalam pembelajaran tentu media akan terkait, secara tidak langsung dalam pengembangan pembelajaran ada peran media yang tentu turut andil
HapusApakah media ICT ini bisa di terapkan dalam setiap materi pembelajaran matematika?
BalasHapusMedia ICT bisa diterapkan tidak semua setiap dalam materi pembelajaran matematika, karena dilihat dari segi materi, dan ketergantungan guru dilihat dari kesiapan untuk membuat media yang bisa digunakan sebagai informasi tambahan.
HapusTentu bisa, maka guru dituntut untuk kreatif dalam mengolah pembelajaran... sehingga bisa menciptakan media-media yg briliant dan sangat menunjang pembelajaran
HapusBang, dari artikel abg bahwa Fungsi ICT sebagai sebagai gudang ilmu salah satunya Jaringan antar institusi pendidikan . Dari segimana dilihat sebagai jaringan antar institusi pendidikan?
BalasHapusTerimkasih
izin menanggapi, yang akan dilihat dari segi karakteristik sebuah pembelajaran bedasarkan evaluasi antar intitusi pendidikan mengenai proses pembuatan media ICT dengan baik, atau bisa juga diliihat dari segi komunitas sesama pengajar dari yang tidak tahu, menjadi tahu dalam penggunaan media ict.
HapusGuru memiliki wadah yang dinamakan MGMP, di sana bisa saling bertukar informasi antara guru sesama mapel, sehingga bagi guru-guru yang mempunyai media bisa saling berbagi ilmu sehingga terjalin kerjasama antar sekolah
HapusApakah fungsi media ICT itu hanya untuk satuan jenjang pendidikan saja?
BalasHapusya, baik formal maupun informal. Misalnya pada pendidikan kesetaraan seperti paket A, B dan C.
Hapusbg, bagaimana menggunakan media berbasis ICT di daerah terpencil?
BalasHapusdan bagaimana memotivasi guru-guru lain agar mau mengajar menggunakan media berbasis ICT?
apabila media ict tidak bisa dilakukan pengaplikasiannya didaerah terpencil, untuk memotivasi guru agar bisa digunakan media yaitu, membangkitkan rasa kepercayaan diri seorang guru bahwa media itu sangat baik digunakan dan tidak ribet dalam pembuatannya pun dan juga proses mengajar, kemudian didukung oleh sarana dan prasarana oleh pihak sekolah.
HapusGuru-guru yang sudah bersertifikat pendidik yang telah dibayar mahal olh pemerintah harusnya malu jika masih tidak termotivasi untuk mengembangkan pembelajaran di kelas dengan kreatif dan menyenangkan.
HapusMenurut saya guru harus bisa mengatasi masalah tersebut dengan kreatifitas guru guru sendiri sehingga walaupun di daerh terpencil juga dapat menggunakan ICT dengan baik,
BalasHapus"The power of kepepet" ketika semua terbatas, hendaknya otak tidak berhenti berfikir untuk terus berinovasi
HapusMenurut saya guru harus bisa mengatasi masalah tersebut dengan kreatifitas guru guru sendiri sehingga walaupun di daerh terpencil juga dapat menggunakan ICT dengan baik,
BalasHapus